Subscribe

RSS Feed (xml)



Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Saturday, November 21, 2009

Waspadalah, Malaikat Maut Mengintai Kita..

"Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati." (QS Ali Imran: 185)

"Sesuatu yang bernyawa tidak akan mati melainkan dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya. "(QS Ali Imran : 145)

"Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam." (QS Ali Imran : 102)

Begitu membaca Judul di atas, bulu kunduk kita akan merinding membayangkan ketika kita medapatkan giliran dikunjungi oleh sang malaikat maut. Kita tidak akan pernah tahu kapan ajal kita akan tiba, kita juga tidak akan pernah mengetahui dibelahan bumi yang mana kita ini akan dimatikan oleh Allah, bahkan seorang peramal yang sedang ngetrend di iklan tv dan media massa yang katanya mampu meramalkan masa depan clientnya pun tidak pernah tahu kapan dirinya akan mati...

dimana anda saat ini berada??? di kantor kah , di rumah kah, di kamar tidur kah, di dalam angkutan kota kah, didalam mobil pribadi kah, atau sedang mengendara motor kah?? apakah anda yakin anda tidak akan dijemput oleh malaikat maut hari ini??? Apakah anda merasa yakin aman berada ditempat anda sekarang???

misalkan anda berada dikantor, siapa tahu pada saat itu listrik atau ac di kantor anda mengalami korsleting lalu kemudian terjadi kebakaran hebat yang membuat anda terjebak didalamnya dan meninggal, atau teradi gempa bumi kembali yang kemudian meruntuhkan bangunan kantor atau rumah anda. Atau anda sedang berada didalam mobil pribadi, meskipun anda menjalankan mobil dengan tertib dan hati hati, belum tentu orang lain mengendarai kendaraan nya sama hati hatinya dengan anda, boleh jadi tiba tiba ada truk besar yang lepas kendali kemudian menabrak mobil anda...atau di saat anda sedang berada dirumah, apakah ada jaminan anda akan selamat dari kecelakaan. Padahal saat ini banyak kejadian rumah rumah penduduk kejatuhan pesawat terbang yang mengalami kerusakan mesin..

saya menulis ini bukan lah menakut nakuti anda sehingga anda tidak nyenyak tidur, namun sekedar mengingatkan diri saya sendiri dan anda juga, bahwa sesungguhnya kita ini tidak lepas dari kematian. Semoga saja dengan memberikan sedikit peringatan ini, Allah menjadikan ini sebagai sedekah jariyah

Maut itu telah ditentukan waktunya oleh Allah, dan hanya Allah yang tahu kapan maut tersebut akan menjemput. setiap mahluk tidak ada yang tahu persis kapan dirinya akan mati, seandainya kita mengetahui kapan kita akan mati, mungkin kita akan bersiap diri dengan melakukan taubatan nasuha sebelum ajal menjemput, dan beribadah lebih banyak lagi. Namun sayang sekali karena ketidaktahuan kita akan tibanya ajal, banyak dari rekan rekan kita yang lengah ketika ajalnya menjemput. Ada yang mati pada saat sedang mabuk, ada yang mati pada saat sedang berada di diskotik, ada yang mati pada saat sedang melakukan perbuatan maksiat..sungguh tragis nasib mereka yang mengalami mati seperti itu.

namun ada pula yang mati pada saat sedang melakukan rakaat terakhir qiyamul lail, sedang sholat wajib, mati ketika berjihad, ada pula yang menjelang ajalnya terlebih dahulu menyebut menyebut lafadz laa ilaaha illallah...

nah menurut anda kematian yang mana yang anda inginkan??? semua orang 100% menjawab ingin mati pada saat sedang melakukan hal yang baik tentunya..kenapa?? tentu saja karena takut akan masuk neraka..betul????

ada hadist yang mengatakan " Barang siapa yang AKHIR HIDUPNYA mengucap LAA ILAAHA ILLALLAAH akan masuk sorga "

Lantas apakah kita akan ingat kalimat laa ilaaha illallaah pada saat nyawa kita sudah tepat berada di kerongkongan??? hal ini tentu saja harus dihapalkan dan bahkan dibiasakan..supaya kita dimudahkan ketika menjelang ajal kita nanti, dan kita dimatikan dalam keadaaan khusnul khotimah..seperti yang Allah firmankan dalam QS Ali Imran : 102. : dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam. islam disini tentu saja bukan islam dalam artian status ktp, dimana setiap yang ktp nya beragam islam maka ia akan selamat. maksud islam disini adalah mereka yang ketika menjelang kematiannya masih memegang teguh agama Allah, senantiasa menjaga ketakwaannya..sehingga Allah memudahkan pada saat kematiannya..dan mudah dalam melafadzkan laa ilaaha illallaah..

Sabda Nabi Muhammad saw:
“Barangsiapa yang membaca dan menjiwai bacaan ‘Laa ilaaha illallaah’, niscaya empat puluh dosa-dosa besarnya rontok karenanya.” (Diriwayatkan dari Anas bin Malik)

Jadi mumpung masih diberikan umur yang panjang, mari kita biasakan diri membaca laa ilaaha illallaah, baik ketika sedang dalam kendaraan, sedang di kantor, dirumah, atau sedang ngantri dimanapun..toh tidak memerlukan tenaga yang besar untuk melapalkannya, kecuali ketika sedang berada di WC/kamar mandi..tidak boleh!!!

persiapkan juga bekal amal untuk menjelang tibanya ajal, jangan terlena oleh kesenangan sesaat, jangan pernah merasa bahwa diri kita ini aman dari kematian dan siksa neraka, karena manusia yang paling merugi adalah mereka yang merasa dirinya aman, aman baik dari amalan ibadahnya maupun aman dari ancaman neraka padahal dia sendiri tidak mengetahui kalau usianya sudah dekat dan nasibnya akan merana di hari pembalasan kelak...

semoga bermanfaat



1 comment: